Connect with us

Bisnis

Bantu Petani, JMP Bangun Jaringan Toko Komoditas Petani

Published

on

Jakzone.com, Jakarta – Jaringan Merah Putih (JMP) membangun jaringan pasar komoditas dengan membuka Toko Komoditas Petani dan Warung Kuliner Nusantara (Wedangan 200). Untuk pertama kali JMP Toko membuka Toko Komoditas Petani di Ruko Green Valley Blok 101/33, Perumahan Citra Gran.

“Ini adalah bentuk partisipasi JMP untuk membantu petani, dengan cara tidak hanya membina petani, tapi sekaligus juga memasarkan produk petani,” kata Ketua Dewan Pembina JMP Nanik S. Deyang di Jakarta, Sabtu (4/6/2016).

Deyang menambahkan, JMP juga membantu serapan produk petani agar lebih optimal, dengan membuka warung Kuliner Nusantara (Wedangan 200) yang menyajikan berbagai menu masakan nusantara.

“Dengan toko dan warung yang terintegrasi, JMP Berharap, masyarakat dapat membeli produk petani dengan harga murah dan sehat,” katanya.

Sementara itu, petani juga dapat harga yg bagus, karena JMP memotong rantai pemasaran, dengan melakukan pembelian langsung kepada para petani.

Dengan menjelaskan, dalam waktu dekat JMP akan membuka srkitar lima outlet di berbagai wilayah di kawasan Jabodetabek, sehingga memudahkan masyarakat membeli produk murah petani. (bud)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis

Sambut Hari Kartini, IPC Salurkan Paket Alat Tulis untuk 1.000 Pelajar SD di Sekitar Pelabuhan

Published

on

Menyambut Hari Kartini yang dirayakan setiap 21 April, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) IPC menyalurkan paket alat tulis untuk 1.000 pelajar SD yang tersebar di 10 propinsi wilayah kerja IPC.

Jakzone.com, Jakarta – Menyambut Hari Kartini yang dirayakan setiap 21 April, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC menyalurkan paket alat tulis untuk 1.000 pelajar SD yang tersebar di 10 propinsi wilayah kerja IPC. Penyerahan paket alat tulis ini dilakukan serentak di 15 kantor anak perusahaan dan 12 kantor Cabang IPC, yakni di Jakarta, Cirebon, Banten, Lampung, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bangka Belitung, Padang dan Pontianak. Di Jakarta, paket alat tulis diserahkan langsung kepada ratusan pelajar SD di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain menerima paket alat tulis, para pelajar tersebut juga difasilitasi untuk melihat langsung kegiatan operasional kepelabuhanan. Khusus di Jakarta, sekitar 400 pelajar diajak mengunjungi Terminal Penumpang, Terminal Operasi 2 dan Terminal Operasi 3 Pelabuhan Tanjung Priok. Ratusan pelajar yang didampingi oleh perwakilan Cabang dan Anak Perusahaan itu diajak berkeliling di sekitar area pelabuhan, dengan menggunakan 20 bus.

“Peserta field trip (kunjungan ke pelabuhan) ini adalah para pelajar yang tinggal di sekitar wilayah kerja IPC dan direkomendasikan oleh pihak sekolah,” kata Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha IPC, Saptono R. Irianto, di Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Menurut Saptono, penyaluran paket alat tulis dan kegiatan field trip bagi pelajar yang tinggal di sekitar kawasan pelabuhan tempat IPC beroperasi ini merupakan bentuk komitmen IPC berkontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan.

“Kita adalah bangsa maritim yang besar. Maka sudah semestinya kita membangun kecintaan dan mengenalkan dunia kemaritiman sejak dini kepada anak-anak, dan pelabuhan adalah bagian terpenting dalam dunia kemaritiman,” jelas Saptono.

Sebelumnya, saat mencanangkan Terminal Kijing, Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, 11 April lalu, IPC menyalurkan bantuan pendidikan untuk 55 pelajar dengan nilai total 110 juta rupiah. Selain itu, paket CINTA IPC juga diberikan kepada 600 kepala keluarga di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah.

“Kami punya ikatan moral untuk memberikan dukungan terbaik kepada masyarakat secara umum, dan menciptakan harmoni dengan lingkungan sekitar,” ujar Saptono.

Dia berharap, penyaluran bantuan pendidikan dan kegiatan field trip ini akan memperluas wawasan para pelajar SD tentang arti pentingnya pelabuhan bagi Indonesia, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang strategis, dan sudah sejak lama menjadi persinggahan rute perdagangan dunia. (bvi)

Continue Reading

Bisnis

KPPU Panggil Produsen Le Minerale, Terkait Adanya Persaingan Tidak Sehat Bisnis Minuman

Published

on

Jakzone.com, Jakarta – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah melakukan proses lanjutan menyelidiki somasi terbuka yang dilakukan oleh perusahaan air minum Le Minerale. KPPU yang adalah lembaga yang netral yang menjaga persaingan usaha di Indonesia ini.

Setelah melihat surat Somasi dari Le Minerale kepada Aqua yang dimuat di beberapa koran nasional, KPPU telah mengambil langkah yang tepat dan proaktif agar tindakan yang mengarah ke monopoli tidak terjadi lagi.

KPPU memanggil Tirta Fresindo Jaya (TFJ) sebagai produsen Le Minerale untuk memberikan Klarifikasi tentang hal yang telah dialami.

Undangan kepada Tirta Fresindo Jaya dari KPPU ditandatangani oleh R. Frans Adiatma Atas nama Plt. Deputi Bidang Penegakan Hukum Direktur Investigasi U.B Koordinator Satgas.

Pihak Tirta Fresindo telah memberikan keterangan kepada KPPU pada hari Jumat (7/10/2016) lalu.

Sesuai surat “Pemberitahuan Klarifikasi Penelitian Inisiatif” Pihak Le Minerale (TFJ) bertemu dengan Team KPPU. Setelah KPPU bergerak, disinyalir terjadi pergerakan besar di lapangan retailers dan grosir, banyak langkah langkah yang dilakukan pihak Aqua untuk “menutupi” kesalahan yang sudah dilakukan, seperti permintaan maaf dan janji-janji hadiah yang bertebaran, meskipun ini dirasakan sudah terlambat oleh para pedagang.

Hal ini menunjukkan, bahwa KPPU sebagai badan yang melindungi Pedagang dan Produsen dari Sistem Monopoli & Persaingan Usaha Tidak sehat, sangatlah efektif.

Mendengar KPPU telah melakukan langkah yang konkrit tentu disambut baik oleh para pedagang. Apa yang diinginkan pedagang hanyalah bisa berjualan dengan tenang. Tanpa ada yang mengintimidasi atau menekan.

Sehingga bisa berdagang dengan tenang dan bebas. Dan intinya tak ada yang melanggar UU RI No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli & Persaingan Usaha Tidak Sehat.

“Kami juga cukup kaget sekaligus senang melihat kecepatan yang dilakukan oleh KPPU, dan bangga juga dengan profesionalismenya. Karena ternyata semua pengaduan yang dilakukan dijamin oleh KPPU TIDAK AKAN tersebutkan alias anonymous, “ ucap Bapak Miliater Simalango SH.MH, perwakilan kuasa hukum dari Le Minerale.

Dalam nuansa kepercayaan ini pula, pada hari Selasa (11/10/2016) para pedagang beramai ramai mendatangi KPPU untuk memberikan laporan dan bukti-bukti mengenai intimidasi dan penekanan yang mereka rasakan dari pihak Danone (Aqua), demi mempercepat proses, sehingga kondisi ini bisa terselesaikan.

Para pedagang yang datang ke KPPU diterima dengan baik oleh Team Investigator.

“Mendengar Le Minerale melakukan somasi saja sudah senang. Apalagi melihat pihak KPPU tanggap langsung, menangani kasus yang sedang terjadi. Kita merasa sekarang bebas untuk berdagang ,” tutur salah seorang pedagang. (yug)

Continue Reading

Bisnis

Lego Grand Indonesia Kembangkan Permainan Alternatif di Indonesia

Published

on

Jakzone.com, Jakarta – Retail dan Sales Manager Lego Certified Store Indonesia (PT Adidaya Multi Niaga) Dede Jainudin mengungkapkan sampai saat ini permainan Lego di Indonesia berkembang pesat, dimana sebelumnya Lego hanya memiliki tiga toko resmi yakni di Cilandak Town Square Jakarta, Grand City Mall Surabaya dan Beachwalk Shoping Centre, Kuta, Bali.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, Untuk diketahui, Grup Lego bermula dari sebuah usaha kerajinan kayu di kota Billund, Denmark yang dimiliki Ole Kirk Christiansen. Saat itu 1916, Christiansen membeli sebuah toko kerajinan kayu yang telah beroperasi sejak 1895. Awalnya toko ini hanya membantu pembangunan rumah dan pembuatan mabel kayu, serta memiliki beberapa orang pegawai.

Lalu pada 1963, Lego memperkenalkan material berbahan acrylonitrile butadine styrene yang menggantikan bahan sebelumnya dalam pembuatan bata Lego, yaitu cellulose acetate (CA). Bahan tersebut lebih stabil dan masih menjadi bahan dasar material Lego hingga kini.

“Pertama kali itu tahun 2014 di Citos pada 9 Januari lalu diikuti di beberapa kota lainnya. Sekarang kami membuka lagi yang keempat di Jakarta tepatnya di Grand Indonesia Shopping Town, West Floor, lantai 2,” ungkapnya, saat Grand Opening LCS (Logo Certified Store) di Jakarta, Selasa (15/6)

Lego Certified Store merupakan toko resmi yang khusus menjual produk asli Lego termasuk aksesorisnya. Perbedaan di setiap toko, Lego Store memiliki area bermain Lego dimana anak-anak dapat mengeksplorasi kreativitas dalam membuat bangunan. Selain menawarkan koleksi menarik juga menawarkan program belajar lainnya untuk anak-anak setiap bulan di minggu pertama dan ketiga secara cuma-cuma.

“Kami telah lama memiliki program belajar dan bermain Lego untuk anak-anak secara gratis setiap bulan pukul 11.00-12.00 WIB. Mainannya pun bisa dibawa pulang,” terangnya.

Untuk itu, target kedepannya Lego diakhir tahun 2016, akan mengejar beberapa target lagi yang akan dibuat yaitu tiga store dibulan November dan delapan Store di bulan Desember.

“Pasar terbesar Lego store adalah Indonesia, nantinya akan diakan event 1bulan dan donasinya adalah para pembeli Lego tersebut dengan menaruh satu bagian Lego di Wall Lego store,” ujar Mr. Casper Klynge.

Menurutnya, target penjualan di Indonesia, bughet store percabang. Ada lima belas cabang, namun pihaknya tidak bisa menilai satu persatu, tetapi banyak disupport oleh para para petinggi Bank di Indonesia.

Tan Lian Ann mengatakan, Grand opening tersebut, merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya di bulan Mei lalu dalam bentuk program charity, dimana Lego Indonesia melakukan kegiatan memberikan donasi atau sumbangan kepada ASA (Alena Sahabat Anak) sebesar Rp 50.000.000

Sementara itu, dalam sambutannya Duta besar Denmark Mr. Casper Klynge mengatakan, bahwa pihaknya merasa senang, karena Lego banyak permainan sebagai sarana alternstif.

“Kami senang permainan Lego telah banyak tersebar dibanyak negara, Lego bukan sekedar mainan pilihan, tetapi bisa juga sebagai sarana alternatif dalam meningkatkan kreativitas anak-anak dan juga orang dewasa,” ujarnya. (Ifa/uzi/hlb)

Continue Reading

Trending