Connect with us

Jakarta Pusat

Survey SPIN : Anies-Sandi Menang Pilkada DKI Karena Pemilih Prabowo Lebih Solid

Published

on

Jakzone.com, Jakarta – Menjelang massa tenang dan pemungutan suara 15 Februari 2017, persaingan diantara tiga pasangan calon (paslon) yang berkontestasi di Pilkada DKI 2017, makin memperlihatkan hasilnya.

Setelah sekian lama berkampanye, bersosialisasi dengan warga Jakarta, bertemu tokoh masyarakat dan melakukan debat publik para paslon sudah memperlihatkan hasil kerjanya masing-masing.

Hal ini tercermin dari hasil survei terbaru yang dilakukan oleh lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) yang dilaksanakan pada 24 – 26 Januari 2017.

“Jika pemilihan dilakukan saat ini, ternyata pasangan Anies – Sandi memimpin dengan 41,74%,” kata Direktur SPIN Igor Dirgantara pada saat public expose hasil survei di kawasan Menteng, Rabu (8/2/2016).

Setelah Anies Sandi, hasil survei itu disusul oleh pasangan Ahok-Djarot 30,04%, dan Agus-Sylvi (24,95%), dan yang belum menentukan pilihan mengerucut di 3,27%.

“Hasil survei SPIN menunjukkan bahwa keunggulan pasangan Anies-Sandi sangat dipengaruhi solidnya dukungan pemilih warga DKI Jakarta yang pada saat Pilpres 2014 mendukung pasangan Prabowo-Hatta,” katanya.

Igor menambahkan, ada 50.9% responden yang lebih memilih prabowo, sementara 48,46% memilih jokowi, sedangkan 0.64% mengaku golput.

Dari semua responden pemilih Prabowo di DKI Jakarta, yang memilih pasangan Agus-Sylvi ada 16,04%, Ahok-Djarot 6,42%, sedangkan Anies-Sandi sebesar 72,01%, dan yang belum menentukan pilihan 5,53%.

Sementara itu, pemilih Jokowi yang memilih pasangan Agus-Sylvi sebesar 34,46%, Ahok-Djarot 54,3%, Anies-Sandi 10,49%, dan yang belum menentukan pilihan 0,75%.

Menurut Igor, hasil ini memperlihatkan bahwa pemilih di DKI Jakarta yang memilih Prabowo saat Pilpres 2014 ternyata lebih solid dukungannya kepada pasangan Anies-Sandi, ketimbang pemilih Jokowi terhadap pasangan Ahok-Djarot (terpecah).

“Pasangan Anies-Sandi juga unggul di semua kelompok usia pemilih. Sedangkan pasangan Agus-Sylvi hanya menang atas pasangan Ahok-Djarot di kelompok usia pemilih 17-24 tahun,” kata dosen politik Universitas Jayabaya itu.

Sedangkan untuk pilihan responden berdasarkan jenis kelamin, persaingan cenderung lebih ketat di segmen pemilih perempuan, sementara di segmen pemilih laki-laki, Anies-Sandi yang menjadi juaranya.

Berdasarkan hasil surveinya itu, Igor Dirgantara menyimpulkan 5 poin penting.

Pertama, pendukung Prabowo dalam pilpres 2014 cenderung memilih pasangan nomer urut 3, yaitu Anies-Sandi (72,01%).

Hanya sebagian kecil (6,42%) pendukung Prabowo yang memilih Ahok-Djarot. Bandingkan dengan pemilih jokowi, dimana hanya 54,3% pendukung Jokowi dalam pilpres 2014 yang akan memilih Ahok-Djarot.

Pendukung Jokowi di Pilgub Jakarta 2017 cenderung terpecah dan kurang solid, berbeda dengan Prabowo Subianto.

Kedua, pendukung Prabowo cenderung lebih solid daripada pendukung Jokowi, karena para pemilih Prabowo di Pilpres 2014 ternyata masih tetap mengikuti pilihan Prabowo di Pilgub DKI 2017, yaitu Anies-Sandi.

Sedangkan pemilih Jokowi di Pilpres 2014 cenderung lebih cair, yaitu sebanyak 34,46% menyatakan akan memilih Agus-Silvy, dan ada 10,49% menyatakan memilih Anies-Sandi. Sementara yang memilih Ahok-Djarot 54,3%.

Ketiga, banyaknya pemilih Jokowi yang “lari” memilih paslon lain bisa berarti bahwa pemilih-pemilih tersebut tidak puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi atau kecewa dengan pilihannya di Pilpres 2014 lalu dan ingin memperbaiki pilihannya pada Pilgub Jakarta sekarang ini.

Keempat, banyaknya pemilih Jokowi yang tidak memilih Ahok-Djarot juga dapat di pahami karena sebagian besar pemilih Jokowi pada Pilpres 2014 tidak mempunyai ikatan batin sekuat para pemilih Prabowo yang tetap setia mendukung pilihan Prabowo pada di Pilgub Jakarta 2017.

Kuatnya ikatan batin para pemilih Prabowo ini terlihat ketika kebijakan Ahok dinilai tidak sesuai dengan perjuangan Partai Gerindra dan Prabowo Subianto. Ini sebab penting mengapa para pendukung Prabowo cenderung tidak memilih Ahok di Pilgub Jakarta pada 15 Februari 2017 nanti.

Kelima, munculnya pasangan Agus Silvy yang diusung poros Cikeas oleh partai mantan Koalisi Merah Putih (selain Gerindra, PKS, dan Golkar) yang pada awalnya dianggap akan memecah suara kubu Prabowo, ternyata justru memecah suara Ahok-Djarot yang diusung PDIP, dan partai pengusung Jokowi menjadi presiden.

“Hal ini sekali lagi membuktikan bahwa para pemilih Prabowo relatif konsisten dengan calon pilihan mantan Danjen Kopassus tersebut,” kata Igor.

Igor menjelaskan, survei dilakukan dengan responden sebanyak 1102, dengan teknik multistage random sampling. Margin of error 3% dan tingkat kepercayaan 95%.

Wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dengan bantuan kuisioner. Uji kualitas dilakukan melalui spot check dengan mengambil 20 % dari total sample. Biaya survei berasal dari kas internal lembaga SPIN.
(vin)

Jakarta Pusat

Kesiapan Wisma Atlet Kemayoran Ditinjau Wagub DKI

Published

on

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno hari ini melakukan peninjauan langsung kesiapan Para Games Athletes Village (Wisma Atlet) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jakzone.com, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno hari ini melakukan peninjauan langsung kesiapan Para Games Athletes Village (Wisma Atlet) Kemayoran, Jakarta Pusat menjelang pelaksanaan test event pada 24 Juni mendatang.

Dikatakan Sandi, saat ini kesiapan sarana dan prasarana sudah mencapai 85 persen. Sementara kekurangannya akan selesai sebelum gelaran Asian Games, Agustus mendatang.

“Tak kurang dari 300 peserta dan participant serta 700 pendamping akan hadir di sini pada test event nanti,” ujarnya, Rabu (20/6/2018).

Tak hanya persiapan sarana dan prasarana, kebersihan lingkungan sebagai sarana pendukung juga telah diatasi. Salah satunya menghilangkan bau tak sedap yang berasal dari aliran Kali Item, Kemayoran.

Sementara itu, Ketua INAPGOC 2018, Raja Sapta Oktohari mengatakan, empat hari lagi sekitar dua ribu orang akan datang dan menempati Wisma Atlet Kemayoran. Sehingga perlunya persiapan kembali venue dan kampung atlet.

“Seharusnya sudah selesai dari kemarin, namun terkendala transportasi pengangkutan material selama libur lebaran. Insya Allah tanggal 25 Juni selesai,” tandasnya.

Pantauan beritajakarta.id, meski secara fisik landscape bangunan sudah sepenuhnya selesai, namun beberapa sarana seperti dapur dan ruang makan masih dalam tahap maintenance dan kelengkapan. (nwi)

Continue Reading

Jakarta Pusat

Jakarta Diprediksi Cerah Berawan

Published

on

Cuaca DKI Jakarta Diprediksi Cerah Berawan hingga Sore hari.

Jakzone.com, Jakarta – Cuaca di wilayah DKI Jakarta, hari ini diprediksi cerah berawan sepanjang hari. Namun diharapkan warga tetap waspada dengan perubahan cuaca.

“Pagi hari cerah berawan,” kata Hary Tirto Djatmiko Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Rabu (20/6/2018).

Dikatakan Hary, siang hingga malam hari di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, berawan.

“Dini hari berawan dan hujan ringan di Kepulauan Seribu,” ujarnya.

Sementara, suhu udara 24 hingga 33 derajat celcius dan kelembaban udara 55 sampai 85 persen.

Sedangkan kecepatan angin Timur Laut – Tenggara, 10 hingga 27 kilometer per jam. (nwi)

Continue Reading

Jakarta Pusat

Anies Pantau Arus Mudik di Pasar Senen

Published

on

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pantau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (10/06/2018).

Jakzone.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau situasi arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (10/6/2018).

Saat memantau para penumpang, dia didampingi oleh anak keduanya, Mikail, Anies melihat situasi di stasiun tersebut. Penumpang terkejut dengan kedatangan orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta dan berebut untuk bersalaman dan foto.

Kemudian Anies memasuki kereta api kelas ekonomi tujuan Semarang dan kereta kelas bisnis tujuan Surabaya.

Anies pun berinteraksi dengan penumpang kedua kereta api yang akan menempuh perjalanan ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Saat kereta api mulai berangkat, Anies pun melambaikan tangan kepada para penumpang yang ada di dalam kereta.

“Alhamdulillah tadi sudah dipantau, penataan di Pasar Senen ini baik. Dan mengapresiasi pengaturan stasiun ini oleh PT. KAI,” kata Anies.

Dan menganjurkan agar lebih banyak lagi warga mudik dengan menggunakan angkutan umum massal, karena itu jauh lebih baik dan jauh lebih aman, katanya.

“Dan bagi warga Jakarta, diharapkan manfaatkan angkutan umum massal,” kata Gubernur. (sus)

Continue Reading

Trending