Connect with us

News

Jokowi Tinjau Jalan Trans Papua

Published

on

Jakzone.com, Papua – Di hari terakhir kunjungan kerjanya ke Papua, Rabu, (10/5/2017) Presiden Joko Widodo beserta rombongan beranjak menuju Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Di sana, Presiden meninjau langsung pembangunan jalan Trans Papua ruas Wamena-Mamugu 1, didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.

Tak seperti yang biasa dilakukan, kali ini Kepala Negara mengendarai motor trail saat menyusuri jalan sepanjang 7 km yang tengah dibangun itu. “Dengan mengendarai kendaraan roda dua tersebut, terasa betul kesulitan yang dialami selama proses pembangunan. Kalau naik trail kelihatan jelas kesulitannya. Itu baru naik, coba bayangkan yang membangun. Kita ini kan coba melihat di lapangan,” ujarnya Presiden kepada wartawan di lokasi peninjauan.

Dikatakannya Papua dengan medannya yang begitu sulit memang menjadi hambatan sekaligus tantangan tersendiri dalam membangun infrastruktur di sana. Oleh karenanya, untuk mengupayakan percepatan pembangunan jalan Trans Papua, Kementerian Pekerjaan Umum bekerja sama dengan pihak TNI di awal pembangunan.

“Ini awalnya dikerjakan oleh TNI dulu. Saya tadi dengan Panglima lihat kesulitannya seperti apa. Kemudian setelah terbuka, baru Kementerian PU masuk untuk aspal, untuk mengikuti apa yang telah dikerjakan oleh TNI. Saya kira kalau duet ini dilakukan terus ini akan mempercepat,”ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden keterlibatan TNI ini memang dirasa sangat diperlukan. Dengan medan yang berada pada ketinggian sekira 3.200 meter di atas permukaan laut menjadikan peranan mereka sangat krusial.

“Pembukaan lahan dulu oleh TNI untuk membentuk badan-badan jalan. Supaya masyarakat di seluruh Tanah Air tahu betapa sangat sulitnya membangun jalan di Papua karena tanahnya bergunung-gunung yang sangat tinggi,” Presiden menerangkan.

Adapun ruas jalan yang disusuri oleh Presiden beserta rombongan kali ini merupakan salah satu ruas dari sekitar 4.300 kilometer Trans Papua yang sedang dalam proses pembangunan. Sepanjang 3.800 kilometer sudah berhasil dibuka oleh TNI dan diharapkan pada tahun 2019 nanti seluruh ruas jalan sudah terbuka dan dapat dilalui.

“Ini tadi kita berjalan di ruas dari Wamena menuju ke Kenyam sepanjang 287 kilometer. Memang yang teraspal baru 37 kilometer, tetapi ini akan terus dikerjakan,”pungkas Jokowi. (igo)

Belanja

Ini Lokasi Gelaran FJGS di 13 Mall Jakarta

Published

on

Jakzone.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI turut serta memeriahkan momentum Asian Games 2018 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia. Salah satunya, dengan menggelar acara Festival Jakarta Great Sale (FGJS).

Gelaran tersebut merupakan kerjasama Pemprov DKI dan  Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI). FJGS ini digelar sejak 12 Agustus hingga 4 September 2018 mendatang, di 13 mal di Jakarta. Berikut lokasi acara serta pelaksanaan acara tersebut,;

PIK Avenue
Minggu, 12 Agustus 2018

Baywalk Mall
Jumat, 17 Agustus 2018

Transmart Cilandak
Jumat & Sabtu, 17 & 18 Agustus 2018

AEON Garden City
Sabtu, 25 Agustus 2018

Lippo Plaza Kramat Jati
Sabtu, 25 Agustus 2018

Grand Indonesia
Jumat 31 Agustus 2018 & Sabtu 1 September 2018

Kalibata City Square
Sabtu, 1 September 2018

One Bellpark Mall
Sabtu, 1 September 2018

Lotte Shopping Avenue
Sabtu, 1 September 2018

Mal Taman Palem
Sabtu, 1 September 2018

Mal Artha Gading
Sabtu, 1 September 2018

Arion Mall
Sabtu, 1 September 2018

Mall @Bassura
Sabtu, 1 September 2018.

 

(Edw)

Continue Reading

News

Sandiaga Kucurkan Rp2,3 Milyar Bantu Korban Bencana di Lombok

Published

on

Jakzone.com, Lombok Barat – Bakal calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno meninjau para korban gempa bumi di lokasi pengungsian yang berada di SDN 2 Kekait di Dusun Wadon, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (15/8/2018).

“Saya datang ke Lombok untuk ikut merasakan penderitaan masyarakat yang ditimpa bencana gempa, sehingga kehadiran kami paling tidak bisa meringankan beban warga yang di antaranya adalah anak-anak,” katanya seperti dikutip Antara.

Selain meninjau posko pengungsian, Sandiaga menyempatkan diri bersalaman serta berbincang dengan warga dan juga anak-anak yang menjadi korban gempa. Tidak hanya itu, ia juga menyerahkan sejumlah paket bantuan, berupa kebutuhan sembako, air mineral dalam kemasan, mie instan, peralatan masak, beras dan kebutuhan logistik lainnya.

Sandiaga menyampaikan, apa yang menimpa warga Lombok segera pulih dan warga bisa bangkit kembali serta bersemangat dalam menjalani hidup ini. Mengingat, NTB khususnya Pulau Lombok menjadi destinasi pariwisata unggulan di tanah air.

“Kita turut bersimpati, begitupun seluruh bangsa dan negara ini terhadap musibah yang di alami warga Lombok. Termasuk, pak Prabowo juga menyampaikan salam kepada warga Lombok, karena tidak bisa hadir, namun beliau berempati dengan kejadian ini,” jelas Sandi.

Terkait masih minimnya bantuan, seperti terpal, popok bayi, dan logistik lainnya, dirinya berharap bantuan untuk para korban gempa di Lombok dapat terus mengalir. Sehingga, bisa meringankan hidup korban di lokasi-lokasi pengungsian.

“Kita harap masyarakat tetap tabah bantuan tetap datang. Kita doakan semua naik kelas anak dapat kembali sekolah dan lapangan kerja terbuka dan harga pangan bisa terjangkau,” katanya.

 

Bantu Warga

Adapun Anggota Komisi XI DPR dapil NTB dari Fraksi Gerindra, Wilgo Zaenar turut mendampingi kunjungan Sandiaga Uno ke sejumlah lokasi terdampak gempa di Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Timur. Wilgo menyampaikan, Sandi tergugah untuk turut membantu meringankan beban penderitaan warga terdampak gempa di Lombok.

“Bang Sandi kasih bantuan sekitar Rp2,3 miliar untuk korban terdampak gempa di Lombok dari uang pribadinya,” ujarnya saat mendampingi Sandiaga meninjau posko pengungsian di SDN 2 Kekait di Dusun Wadon, Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat.

Wilgo menyampaikan, Sandiaga juga memintanya untuk menginventarisir kerusakan sejumlah bangunan yang ada di Kekait, dan juga wilayah lain di Pulau Lombok. Salah satu yang Sandi soroti ialah rusaknya Masjid Al Abrar yang menjadi tempat ibadah warga di Dusun Wadon. Kerusakan masjid membuat warga kini beribadah di tempat terbuka dengan sarana seadanya.

“Secara spontan Sandi sampaikan, kita juga akan inventarisasi. Nanti akan buat sebuah tim untuk penggalangan karena bukan hanya di sana tapi beberapa titik,” lanjutnya.

Wilgo juga mendorong pemerintah pusat mengambil sikap untuk menerbitkan status bencana nasional untuk gempa Lombok. Hal ini ia katakan mengingat besarnya jumlah korban dan juga kerusakan yang begitu masif. Ketiadaan status bencana nasional, kata dia, menyulitkan bantuan dari internasional yang hendak masuk ke Lombok. (Edw)

Continue Reading

Bisnis

Pergub No.30/2018 : Upaya Terciptanya Iklim Usaha Kondusif dan Mendorong Pemberdayaan UMK Secara Mandiri

Published

on

Jakzone.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan Pergub Nomor 30 Tahun 2018 tentang Izin Usaha Mikro dan Kecil. Dalam Pergub tersebut, usaha di rumah diizinkan dengan syarat dan kriteria tertentu.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan (KUKMP) DKI, Irwandi, mengatakan, Usaha mikro dan kecil (UMK) yang mendapat fasilitas tersebut boleh berbentuk badan usaha maupun perorangan dan merupakan UMK binaan di daerahnya. Namun, lanjutnya, UMK tidak boleh anak cabang atau berafiliasi dari usaha menengah dan besar.

“Unit usaha juga tidak boleh satu atau beberapa sahamnya dimiliki oleh usaha menengah dan besar,” ujar Irwandi dalam acara sosialisasi Pergub Nomor 30 Tahun 2018 tentang Izin Usaha Mikro dan Kecil, di Ruang Serbaguna Mall Pelayanan Publik DKI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).

Ia menerangkan, bentuknya boleh menetap atau berkeliling. Bagi yang menetap, harus memiliki bangunan permanen atau semi permanen dengan luas maksimal 100 meter persegi.

“Untuk lapak penunjangnya, maksimal 30 meter persegi atau 20 persen dari luas kavling. Bagi yang berkeliling, akan ditetapkan areanya,” jelas Irwandi.

Sementara untuk memperoleh izin UMK (IUMK), maksimal modalnya di luar tanah dan bangunan yakni Rp500 juta rupiah dengan omzet maksimal Rp2,5 miliar. Adapun tenaga kerja yang diizinkan, paling banyak 19 orang.

“Untuk masa berlaku IUMK adalah selama lima tahun. Kemudian dievaluasi kembali,” terang dia.

Prosedur

Di kesempatan yang sama, Wakil Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Denny Wahyu Haryanto, menyatakan izin usaha mikro dan kecil bisa dikeluarkan hanya dalam waktu 1 hari.

Adapun untuk memperoleh IUMK, pengusaha cukup mengisi formulir permohonan bermeterai, surat pernyataan kesanggupan menaati peraturan dan kesediaan memindahkan tempat usaha apabila telah berkembang, serta surat rekomendasi dari lurah bagi yang bukan binaan sesuai lampiran Pergub.

“Pemohon juga menyertakan fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi NPWP, pas foto 4×6 dua lembar dengan latar belakang merah, foto tempat usaha, dan fotokopi surat kepemilikan tanah atau bangunan, atau perjanjian sewa bermaterai jika menyewa rumah,” kata dia.

Terkait izin, lanjut Denny, akan diproses di tingkat kelurahan. Ia menerangkan, akan ada analisa kelayakan teknis dengan peninjauan lapangan jika diperlukan.

“Peninjauan itu untuk menilai pengaruh usaha terhadap ketertiban umum, kemacetan lalu lintas, kebersihan, dan kelestarian lingkungan,” ungkap dia.

Keluarnya Pergub Nomor 30 Tahun 2018 disambut baik kalangan pengusaha. Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri atau Kadin DKI Jakarta, Akhmad Syarbini, menyatakan, Pergub itu akan membantu para pengusaha pemula.

“Pergub ini sebagai tindak lanjut dari instruksi Wagub Sandi waktu itu. Dan tentunya peluang bagi masyarakat untuk berwira usaha,” terang dia. (Edw)

Continue Reading

Trending