Connect with us

Jakarta Utara

Dinas KPKP Pastikan Revitalisasi Tempat Pelelangan Ikan Rampung 100 Persen

Published

on

Jakzone.com, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memastikan revitalisasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara telah rampung 100 persen sejak Desember lalu.

Dalam waktu dekat TPI yang bakal difungsikan sebagai museum tersebut akan diresmikan untuk selanjutnya dioperasikan.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, proses revitalisasi TPI Pasar Ikan bisa diselesaikan tepat waktu sesuai dengan kontrak. TPI tersebut dibangun kembali seperti kondisi semula atau sesuai dengan fisik awalnya.

“Revitalisasi Tempat Pelelangan Ikan itu sudah selesai 100 persen sejak akhir Desember lalu,” ujarnya, Kamis (11/1/2018).

Darjamuni menjelaskan, saat ini pihaknya masih menyiapkan waktu peresmian TPI di lokasi. Nantinya TPI tersebut tidak lagi difungsikan seperti sebelumnya, melainkan untuk museum.

Ia menambahkan, pada tahun ini pihaknya juga akan melakukan pengisian museum. Di antaranya seperti diorama, foto-foto terkait dengan pelelangan ikan serta lainnya.

“Kita akan fungsikan untuk museum. Tidak lagi untuk Tempat Pelelangan Ikan seperti dulu,” tandasnya. (nwi)

Jakarta Utara

Di Kelurahan Kelapa Gading, MCK Biopal Bakal Diresmikan

Published

on

Direktur Utama PD PAL Jaya, Subekti.

Jakzone.com, Jakarta – PD PAL Jaya akan resmikan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) biopal di kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pembangunan MCK biopal tersebut menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) dari Bank DKI sebesar Rp 50 juta.

Direktur Utama PD PAL Jaya, Subekti mengatakan, rencana pembuatan MCK itu berawal dari inisiatif Kelurahan Kelapa Gading Timur karena kawasannya merupakan daerah padat penduduk.

“Hal ini merupakan inisiatif yang baik, sebab pembangunan MCK biopal dapat mengurangi angka Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di DKI Jakarta,” ujarnya, Kamis (19/4/2018).

Subekti menjelaskan, saat ini untuk pengerjaan MCK biopal telah sampai tahap finishing. Setelah diresmikan, wilayah tersebut akan dijadikan sebagai wilayah percontohan bagi kelurahan lainnya yang ada di DKI Jakarta.

Lurah Kepala Gading Timur, Tulus Harjo berharap ke depanya, warga dapat berperilaku hidup sehat, dan memanfaatkan fasilitas MCK yang telah ada.

“Tanah tempat MCK itu merupakan hibah dari warga. Tiap MCK dibangun dengan ukuran 1,5 x 3 meter dengan kedalaman 2 meter. Ke depan pemeliharaan dilakukan oleh PD PAL Jaya bersama warga,” tandasnya. (nwi)

Continue Reading

Jakarta Utara

Dinas LH Angkut 150 Ton Sampah dari Kolong Tol Wiyoto Wiyono

Published

on

Wakil Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Ali Maulana Hakim.

Jakzone.com, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta berhasil mengangkut 150 ton sampah dari kolong Tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Wakil Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Ali Maulana Hakim mengatakan, pengangkutan sampah di lokasi dilakukan sejak lima hari lalu setelah pihaknya mendapat laporan warga.

“Kondisi hari ini sudah bersih setelah kita angkut sebanyak 150 ton selama lima hari,” ujarnya, Rabu (18/4/2018).

Ali menuturkan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya menerjunkan satu unit shovel loader dan delapan unit dump truck.

“Karena sebenarnya kita punya tempat pembuangan sementara di dekat situ,” tandasnya. (nwi)

Continue Reading

Jakarta Utara

Sudin SDA Jakut Normalisasi Saluran Air di Pejagalan

Published

on

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, menormalisasi saluran sepanjang 50 meter di Jl A 6, RW 13 Kelurahan Pejagalan, Penjaringan.

Jakzone.com, Jakarta – Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, menormalisasi saluran sepanjang 50 meter di Jl A 6, RW 13 Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, yang selama ini tertimbun material tanah dan puing bangunan.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Penjaringan, Horas Jossua mengatakan, normalisasi menindaklanjuti permintaan warga yang mengeluhkan genangan saat terjadi hujan lantaran saluran tidak berfungsi baik.

“Jadi salurannya terputus. Aduan warga hari Senin dan kemarin langsung kita tindaklanjuti,” katanya, Rabu (18/4/2018).

Dijelaskan Horas, selain tertutup tanah dan material puing, sebagian saluran juga terhalang oleh sejumlah deker yang dibuat secara serampangan. Karena itu, bagian deker yang mengganggu fungsi saluran akan dibongkar.

“Kita perkirakan pengerjaan rampung dalam satu hingga dua hari ke depan,” tandasnya. (nwi)

Continue Reading

Trending