Connect with us

Jakarta Pusat

Dinas KPKP Prioritaskan 6 Kegiatan di 2018

Published

on

Jakzone.com, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, memprioritaskan enam kegiatan di tahun 2018.

Enam kegiatan tersebut yakni, ketahanan pangan, revitalisasi kawasan Pelabuhan Muara Angke, urban farming, pengembangan perikanan budidaya, pembinaan dan penumbuhan wirausaha serta relokasi tempat penampungan dan pemotongan unggas.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, kegiatan ketahanan pangan di antaranya terkait terpenuhinya kebutuhan panganan pokok, harga yang terjangkau dan aman dari bahan berbahaya. Terkait urban farming pihaknya akan mengoptimalkan pemanfaatan lahan kosong.

“Kalau untuk budidaya perikanan kita akan kembangkan di Pulau Seribu. Kita juga akan tumbuhkan dan bina wirausaha konsep OK OCE,” katanya.

Untuk tempat penampungan dan pemotongan unggas akan didororong relokasi ke rumah potong hewan unggas (RHPU). Sedangkan revitalisasi kawasan Pelabuhan Muara Angke diharapkan rampung tahun ini.

“Tahun 2017 seluruh Key Performance Indeks (KPI), kepatuhan dokumen kapal perikanan, pengawasan pangan bebas bahan berbahaya dan antisipasi rabies tercapai,” ujarnya.

Dijelaskan Darjamuni, target KPI 80 persen kepatuhan dokumen perikanan bisa tercapai. Sementara pengawasan panganan bebas bahan berbahaya dari target 95 persen tercapai realisasi 98 persen.

Selain KPI, capaian realisasi penyerapan anggaran pada 2017 pun melampaui target. Dari kontrak kerja penyerapan anggaran 90 persen, terealisasi 91,68 persen, atau Rp 389.711.007.271 dari total anggaran sebesar Rp 425.069.074.902.

“Tahun 2018 kita akan usahakan capai 92 persen. Kalau untuk retribusi tahun 2017 capaian kita 108,71 persen,” tandasnya. (nwi)

Jakarta Pusat

Sandiaga Serahkan Surat Berhenti Sebagai Wagub DKI

Published

on

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Jakzone.com, Jakarta – Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Salahuddin menyerahkan surat untuk berhenti dari jabatannya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/8/2018).

“Surat pernyataan ini berkaitan dengan pencalonan saya sebagai calon wakil presiden RI 2019/2014, sesuai dengan pasal 78 UU 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Dengan ini saya Sandiaga Salahuddin Uno, lahir di Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969, alamat di Kebayoran Baru, jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan ini saya menyampaikan surat pernyataan berhenti dari jabatan saya sebagai wakil gubernur DKI Jakarta, masa jabatan 2017/2022, surat ini saya tanda tangani. Jakarta, 9 Agustus 2018,” kata Sandiaga membacakan surat pernyataan tersebut.

Selain, ada juga surat pengantar kepada Anies yang diserahkanya untuk mohon kebijakan gubernur untuk menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, katanya.

Sementara itu, Anies mengatakan surat Sandiaga sebagai Wakil Gubernur, untuk mengundurkan diri, sejak ditandatangani 9 Agustus 2018.

“Saya sudah siapkan suratnya, jadi kalau tadi pak wagub, memberikan dua surat, satu adalah surat pernyataan berhenti dan satu lagi adalah surat kepada gubernur,” kata Anies.

Gubernur membuat surat kepada presiden meminta agar dilakukan penetapan pemberhentian, lewat Kementerian Dalam Negeri dan satu lagi kepada DPRD untuk segera diumumkan.

“DPRD mengumumkan, Presiden menetapkan. Insya Allah surat diberi hari ini,” kata Anies.

Sandiaga juga mengucapkan terima kasih kepada Anies yang selama ini membimbingnya.

“Makasih pak Anies selama ini bimbingannya. Im gonna miss this place, sekali-sekali boleh dong kangen main ke sini,” kata Sandiaga.

Kemudian keduanya berpelukan erat dan suasana terasa haru.

Anies juga memuji Sandiaga yang sangat dinamis dan aktif. Dan sudah lama sekali berteman dan bersahabat. (sus)

Continue Reading

Jakarta Pusat

Pengguna KRL Bersiasat Hindari Antrean Pembelian Tiket

Published

on

Sejumlah penumpang antre membeli tiket di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan Senin (23/7/2018). Antrean panjang yang terjadi di seluruh stasiun KRL karena adanya perbaikan sistem e-ticketing yang dilakukan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Jakzone.com, Jakarta – Sebagian pengguna KRL pada Senin (23/7/2018) memilih langsung membeli tiket untuk kembali begitu tiba di stasiun tujuan demi menghindari antrean panjang pembelian tiket kereta karena PT Kereta Commuter Indonesia sementara memberlakukan kembali penggunaan tiket kertas untuk setiap perjalanan menyusul pemeliharaan sistem tiket elektroniknya.

Di Stasiun KRL Palmerah, Jakarta Pusat, sebagian penumpang yang turun dari kereta langsung bergegas mengantre membeli tiket untuk perjalanan kembali supaya tidak perlu mengantre lama sebelum pulang sore nanti.

“Biar nanti sore enggak perlu ngantre lama untuk beli lagi,” ujar Iman (28), yang berangkat dari Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan.

Iman mengaku sempat khawatir pagi tadi harus mengantre lama untuk membeli tiket, karena itu dia langsung membeli tiket pulang begitu tiba di Stasiun Palmerah.

PT Kereta Commuter Indonesia melakukan pembaruan dan pemeliharaan sistem e-ticketing sejak Sabtu (21/7/2018). Untuk keperluan itu, pada Senin para pengguna KRL yang menggunakan kartu uang elektronik dari bank maupun pemilik Kartu Multi Trip (KMT) harus membeli tiket kertas secara manual. Harga untuk seluruh destinasi sebanyak 79 stasiun KRL dibanderol Rp3.000 untuk satu kali perjalanan.

Beberapa pengguna kereta belum mengetahui perubahan itu.

“Saya baru tahu kalau harus beli tiket kertas. Ini mau ke Kalibata, agak buru-buru sih. Kalau mesti ngantre begini, saya sudah pasti telat,” keluh Ade (46). (dev)

Continue Reading

Jakarta Pusat

Jakarta Hari Ini Cerah Berawan

Published

on

Suhu udara 23 hingga 34 derajat celcius, kelembaban udara 55 sampai 80 persen.

Jakzone.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah DKI Jakarta cerah berawan. Diharapkan warga tetap waspada dengan perubahan cuaca.

“Pagi hari cerah berawan,” kata Hary Tirto Djatmiko Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Senin (16/7/2018).

Siang hingga dini hari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu cerah berawan.

Sementara suhu udara 23 hingga 34 derajat celcius, kelembaban udara 55 sampai 80 persen. Kecepatan angin Timur Laut – Tenggara, 8 hingga 28 kilometer per jam. (nwi)

Continue Reading

Trending