Penghargaan SKPD Terbaik dalam Pengelolaan Arsip Diterima Dinas KPKP

Jakzone.com, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menerima penghargaan sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terbaik dalam pengelolaan arsip dinamis tahun 2017.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta hari ini.

Kelapa Sub Bagian Umum Dinas KPKP DKI Jakarta, Willy Hutajulu mengatakan pihaknya menerapkan tertib administrasi tata naskah dinas dan perbal ke seluruh UKPD di bawahnya seperti suku dinas dan Unit Pelaksana Teknis (UPT). Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 94 tahun 2016 tentang Tata Naskah Dinas.

“Ada beberapa langkah yang kami lakukan untuk bisa mendapatkan penghargaan ini,” ujarnya, Rabu (10/1/2018).

Willy melanjutkan, langkah lain yang juga diterapkan yakni Jadwal Retensi Arsip (JRA) sesuai Pergub Nomor 1379 tahun 2004 tentang Tata Cara Penyusutan Arsip serta melakukan penyusutan berkala.

Tak hanya itu, sambung Willy, pihaknya juga melakukan penataan arsip sesuai klasifikasi dalam boks arsip dilengkapi dengan nomor boks untuk memudahkan pencarian arsip kembali.

Ia menargetkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa meraih juara pertama pada lomba Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) tingkat nasional nantinya.

“Untuk itu kita akan terus lakukan pembinaan kearsipan di seluruh SKPD,” tandasnya. (nwi)