Connect with us

Jakarta Pusat

Hujan Ringan Diprediksi Mengguyur Sebagian Wilayah Jakarta Hari Ini

Published

on

Prediksi Cuaca Jakarta.

Jakzone.com, Jakarta – Cuaca wilayah DKI Jakarta diprediksi diguyur hujan dengan intensitas ringan sejak pagi hari. Namun malam hari berawan. Warga diharapkan tetap waspada dengan perubahan cuaca. 

“Pagi hari hujan ringan di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat,” kata Hary Tirto Djatmiko, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Jumat (25/5/2018).

Siang hari hujan ringan di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sedangkan malam hari cerah berawan. “Dini hari berawan, hujan ringan di Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara,” ujarnya. 

Sementara suhu udara 24 hingga 32 derajat celcius, kelembaban udara 65 sampai 95 persen. Kecepatan angin Timur Laut – Timur, lima hingga 25 kilometer.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dengan durasi singkat di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur antara siang dan sore hari,” tandasnya. (nwi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jakarta Pusat

Pemkot Jakpus Lakukan Empat Hal Antisipasi Banjir

Published

on

Wakil Wali Kota Jakpus, Bayu Meghantara.

Jakzone.com, Jakarta – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan empat hal terkait antisipasi banjir di Jakpus tahun 2018.

Wali Kota Jakpus, Bayu Meghantara mengatakan agar masing-masing pemangku kepentingan (stakeholder) tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana banjir.

“Apabila terdapat tanda-tanda ataupun tingkat intensitas hujan yang tinggi, saya harapkan untuk segera melapor ke posko untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut,” ujar Bayu di Jakarta, Senin (19/11/2018).

Kedua, pihaknya mengimbau agar seluruh dinas terkait selalu dalam keadaan siaga serta mengoptimalkan koordinasi secara cepat dan tepat untuk mengamankan serta meminimalisir dampak yang mungkin terjadi.

Ketiga, pemeriksaan kesiapan seluruh peralatan serta dukungan logistik untuk mengantisipasi secara dini apabila terjadi bencana.

Terakhir, Bayu mengimbau kepada seluruh masyarakat di Jakarta Pusat untuk turut berperan aktif dalam meminimalisir dampak bencana yang mungkin akan terjadi, antara lain melalui gotong royong bersihkan saluran air, selokan dan membersihkan lingkungan sekitar.

Selain itu, Pemkot Jakpus menyiagakan pompa-pompa untuk menangani genangan yang seringkali terjadi di sekitar underpass.

Memasuki musim penghujan, DKI Jakarta mempersiapkan segala persiapan dan penanggulangan bencana, seperti di Jakarta Pusat.

Pihak pemkot mengaku siap lakukan mitigasi bencana terutama banjir, mulai dari personel gabungan dari Komandan Rayon Militer (Danramil) hingga Tagana Jakpus, serta perlengkapan penyelamatan yang terdiri dari perahu karet, mobil ambulance, mobil pompa dan alat kesehatan. (tqa)

Continue Reading

Jakarta Pusat

Jenazah Staf DPRD Babel Korban JT 610 Dikebumikan Pihak Keluarga

Published

on

Jenazah korban pesawat Lion Air JT 610, Muhamad Syafei (45) yang bekerja sebagai staf Sekretariat DPRD hari ini dikebumikan.

Jakzone.com, Sungailiat – Jenazah korban pesawat Lion Air JT 610, Muhamad Syafei (45) yang bekerja sebagai staf Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dkebumikan pihak keluarga di tempat pemakaman umum desa tempat asalnya. 

 “Semoga amal ibadah beliau semasa hidupnya diterima Allah SWT, atas nama masyarakat dan pemuda Desa Baturusa memaafkan segala kesalahan almarhum,” kata Perwakilan Tokoh Masyarakat Desa Baturusa, Ahmad, di Sungailiat, Jumat (16/11/2018).

BACA JUGA : RS Polri akan Terbitkan Sertifikat Kematian untuk WNA Korban Lion Air JT 610

 Dia mengatakan, almarhum warga  Desa Baturusa, Kecamatan Kerawang, Kabupaten Bangka itu merupakan sosok ustadz yang patut diteladani oleh masyarakat. 

Sementara itu, Perwakilan Sekretariat DPRD Provinsi Babel, Rudi, mengatakan pihaknya menerima jenazah di Bandara Depati Amir secara resmi sekitar pukul 07.20 WIB. Sebelumnya jenazah dibawa dengan Lion Air JT 216 berangkat dari Jakarta sekitar pukul 06.10 WIB. 

“DPRD Babel turut berbelasungkawa yang mendalam kepada keluarga atas berpulangnya rekan kami ini,” kata Rudi. 

 Dia mengatakan, almarhum merupakan teladan bagi semua staf di DPRD Babel, sering memberikan pencerahan kepada pegawai serta memberikan dampak yang luar biasa bagi pegawai terutama dengan mengingatkan pegawai untuk beribadah.

 Jenazah korban berhasil diidentifikasi TIM DVI Mabes Polri berdasarkan tes DNA yang dicocokkan dengan DNA keluarga di antaranya kakak, adik dan anaknya. 

 Mantan Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi, mengatakan sangat mengenal almarhum, baik sebagai staf di DPRD Babel atau pun teman di masyarakat. 

 “Almarhum sosok yang menjadi teladan bagi rekan-rekan kerja di DPRD Babel, patuh atas perintah atasan serta rajin ibadah,” kata Amri. 

 Ditambahkannya, kepada TIM DVI Mabes Polri diharapkan dapat segera mengidentifikasikan jenazah anggota DPRD Babel maupun korban lainnya, sebab pihak keluarga sangat berharap korban dapat dikebumikan dengan layak. (kas)

Continue Reading

Jakarta Pusat

Pemprov DKI akan Uji Coba “ERP” Selama 20 Hari

Published

on

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan rencananya akan menerapkan uji coba sistem jalan berbayar elektronik atau "Electronic Road Pricing" (ERP) selama 20 hari.

Jakzone.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan rencananya akan menerapkan uji coba sistem jalan berbayar elektronik atau “Electronic Road Pricing” (ERP) selama 20 hari di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

“Ini bagian dari evaluasi teknis, tentunya kita tidak uji coba dalam teknologi, tapi lebih ke membuktikan apa yang sudah disampaikan dalam dokumen masing-masing calon penyedia. Dari panitia lelang uji cobanya selama 20 hari di Jalan Medan Merdeka Barat,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko ketika dihubungi di Jakarta pada Rabu (14/11/2018).

Namun, panitia lelang menunda uji coba ERP yang semestinya dilakukan pada Rabu (14/11/2018).

Sigit menjelaskan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan lelang pembangunan sistem jalan berbayar elektronik Jakarta dan dapat dilakukan melalui laman elektronik di lpse.jakarta.go.id yang dimulai dari proses prakualifikasi dan memberikan penilaian dokumen kualifikasi perusahaan sesuai dengan yang disarankan panitia tender.

Dalam evaluasi, ditetapkan tiga calon penyedia yang lulus dan berlanjut ke tahap berikutnya, yaitu evaluasi teknis dan harga.

Mengenai harga, jelas Sigit, pihaknya mengaku belum membicarakan hal tersebut karena yang menjadi fokus utama adalah bagaimana sistem ERP nantinya bisa mendorong warga Jakarta agar berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Moda Transportasi Terpadu (MRT) ditargetkan beroperasi bulan Maret 2019 mendatang, tentunya sistem ERP diharapkan dapat mendukung peningkatan moda transportasi lainnya dan pengendalian arus lalu lintas yang semakin padat serta penekanan polusi udara.

Setiap kebijakan memiliki kendala, seperti mensosialisasikan kepada masyarakat terkait kebijakan baru untuk pemenuhan kebutuhan transportasi di lingkup wilayah DKI Jakarta dapat berjalan dengan baik.

“Tentunya sebagai suatu kebijakan yang bersifat disinsentif tantangannya adalah bagaimana mensosialisasikannya kepada masyarakat. Begitu juga dengan kebijakan ganjil-genap, ada tantangan juga. Kebijakan ini tidak bisa menjadi kebijakan spasial karena terbentuk dalam satu pola, makanya diperlukan cara agar pola transportasi makro dapat dilaksanakan secara keseluruhan,” jelas Sigit.

Dishub DKI berharap agar sebelum akhir tahun ERP dapat diujicobakan kepada pengguna ruas Jalan Medan Merdeka Barat, seperti halnya kebijakan sistem tilang elektronik (E-TLE) yang telah dilakukan lebih dahulu di sepanjang Jalan Sudirman dan MH Thamrin. (tqa)

Continue Reading

Trending